Cara Membuat Makalah Lengkap


Ada banyak cara membuat makalah yang bisa anda gunakan. Namun bagi anda yang baru pertama kali membuatnya mungkin akan menjadi sebuah hal yang sulit, tapi dengan perencanaan yang matang, konsep yang jelas, serta konsistensi yang terus menerus pada akhirnya akan menuntun anda untuk menyelesaikan makalah tersebut secara efektif dan sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Terlepas apapun jenis makalah yang akan anda buat, baik yang bersifat teknik, ilmiah, sosial dsb. Penting bagi anda untuk memahami terlebih dahulu alur, tujuan, latar belakang, serta metode apa yang akan anda gunakan dalam penulisan makalah tersebut. Hal ini karena, unsur-unsur tersebut yang menjadi pondasi dasar serta menjadi panduan anda ketika proses penulisan berlangsung.

Dalam artikel ini akan coba diuraikan metode untuk membuat makalah secara efektif dan lengkap, disertai dengan tutorial step by step dari awal hingga akhir, agar lebih mudah bagi anda untuk memahaminya.

1. Langkah Pertama(Pra Pembuatan Karya Tulis)

1. 1 Memilih Topik

Ketika memilih topik, ada baiknya anda bertanya kepada diri anda terlebih dahulu, seperti: Apakah ada metode penelitian yang sama dengan apa yang ingin anda kerjakan? Apakah ada ide atau inovasi baru terkait dengan topik tersebut? Apakah topik ini sesuai dengan bidang atau pekerjaan saya? Apakah ada ide menarik seputar topik tersebut?
Topik merupakan langkah awal sebelum memulai proses penulisan. Topik yang menarik dan tepat merupakan setengah dari hasil pekerjaan anda dalam menulis makalah. Dengan menyiapkan topik sebaik mungkin sama artinya anda telah meletakkan pondasi yang kuat dalam makalah anda. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih topik agar penulisan karya anda efektif.

1.2 Pilih Topik yang Relevan

Penting untuk memilih topik yang sesuai dengan bidang yang anda tekuni. Topik yang relevan merupakan kewajiban agar tidak dipertanyakan baik dari sisi kompetensi maupun kapasitas dari seorang peneliti. Disamping itu ada baiknya anda memilih topik yang sesuai dengan minat untuk memperlancar proses pengerjaan.

Mungkin terdengar klise, namun membuat karya tulis sejenis makalah dapat kita ibaratkan dengan kita bekerja. Ketika anda memulai pekerjaan yang anda sukai tentu anda tidak terlalu sulit menyelesaikannya, dan dengan mudah mengatasi masalah yang mungkin timbul ketika anda sedang dalam proses penulisan.

Selain itu gairah untuk menulis sesuatu yang anda sukai tentu akan membawa energi serta ide yang seakan tidak pernah habisnya. Memilih topik yang anda minati akan menuntun anda kepada totalitas yang maksimal, dibandingkan ketika di tengah proses penulisan tiba-tiba anda merasa jenuh yang terkadang memicu keinginan untuk mengganti topik penulisan.

1.3 Temukan Mentor

Yang dimaksud dengan mentor disini adalah dosen, guru, kakak tingkat atau bisa jadi teman anda yang anda nilai memiliki pengalaman dan kemampuan yang dapat anda mintai saran maupun ide untuk membuat makalah.

Terlebih makalah tersebut merupakan karya anda yang pertama. Saran, ide maupun kritikan yang membangun pasti akan anda butuhkan dalam proses pengerjaan. Selain itu, arahan dari mereka akan sangat berguna ketika mereka mungkin menemukan anda telah keluar dari jalur penulisan atau ketika anda merasa kekurangan ide.

1.4 Memilih Literatur & Referensi

Setelah ide maupun konsep telah didapat langkah awal selanjutnya adalah mempersiapkan sumber referensi yang dapat mendukung penulisan karya tulis. Literatur yang dapat anda gunakan adalah: Buku atau jurnal ilmiah, penelitian yang terkait sebelumnya, literatur online  yang berasal dari website maupun blog, keterangan dari pakar atau ahli, serta data dari instansi (jika makalah anda mengangkat obyek tertentu sebagai salah satu komponen dalam makalah anda).

Perlu untuk diketahui, sebelum anda memilih literatur pastikan bahwa sumber dari ritelatur tersebut merupakan sumber refensi yang dapat dipertanggung jawabkan dan bersifat valid. Kesalahan anda dalam memilih literatur akan menyebabkan lemahnya konsep karya tulis dan memudahkan bagi para penguji untuk menolak hasil karya tulis tersebut.

Cara Membuat Makalah Lengkap Yang Baik Dan Benar

2. Langkah Kedua (Memulai Pembuatan Karya Tulis)

2.1 Kumpulkan Literatur

Langkah awal dalam memulai penulisan atau pembuatan makalah adalah mengumpulkan semua hasil literatur serta bahan penelitian yang telah didapat. Jika perlu, kumpulkan dalam satu bendel agar tidak tercerai berai, selain untuk memudahkan anda untuk mendapatkannya ketika anda membutuhkan.

Mulailah untuk menuangkan konsep atau ide yang telah anda pilih sebelumnya. Jika perlu, buatlah semacam sub-konsep (konsep turunan) dari konsep utama, lalu kembangkanlah menjadi sebuah hipotesis karya tulis anda. Selain itu buatlah perencanaan metodologi penelitian dari dasar konsep atau topik yang telah anda pilih serta sesuaikanlah dengan tipe penelitian yang akan anda ambil. Apakah anda ingin menggunakan metode kualitatif atau kuantitatif.

2.2 Membuat Format & Susunan Makalah yang Baik dan Benar

Ada beberapa contoh format maupun susunan dalam pembuatan makalah yang sering digunakan dalam banyak penelitian, namun ada baiknya untuk menggunakan acuan yang seringkali digunakan peneliti yang berasal dari Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi).

Format atau susunan dari sebuah karya tulis yang tepat adalah sebagai berikut:
1. Lembar/ Halaman Cover:
2. Lembar/ Halaman Persetujuan dan Pengesahan Pihak yang Terkait dengan Karya Tulis
3. Lembar/ Halaman Abstraksi
4. Lembar/ Halaman Kata Pengantar
5. Lembar / Halaman Daftar Isi
6. BAB I Pendahuluan: Bab I terdiri atas beberapa sub bagian yaitu:
  • Latar Belakang Masalah
  • Tujuan dari diadakannya karya tulis/ paper/ makalah

7. BAB II Ruang Lingkup Penelitian
8. BAB III Pembahasan
9. BAB IV Penutup: BAB IV terdiri atas beberapa sub bagian yaitu:
  • Kesimpulan
  • Saran dan Usulan

10. Daftar Pustaka (Referensi)
11. Lampiran


2.3 Memulai Penelitian

Setelah anda berhasil menentukan metodologi serta membuat format karya tulis, maka selanjutnya anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya dari sebuah karya tulis yaitu: memulai penelitian.

Siapkanlah data penunjang instrumen penelitian, misalnya angket atau kuisioner, data hasil observasi, hasil eksperimen (jika penelitian tersebut bersifat terapan), dan beberapa instrumen tyang terkait dengan konsep maupun metodologi penelitian anda.

Perlu untuk diketahui instrumen diatas hanyalah sebuah contoh, sebaiknya anda tetap berkonsultasi dengan pihak pembimbing untuk agar instrumen dan hasil dari penelitian sesuai dengan tema serta metode penelitian yang telah anda pilih. Jangan segan untuk meminta pendapat maupun saran agar pengerjaan karya tulis tersebut berjalan efektif.

3. Langkah Final: Merumuskan Hasil Penelitian

3.1 Menuangkan Hasil Penelitian

Untuk menyajikan hasil penelitian, anda dapat menuangkannya dalam bentuk laporan penelitian, misalnya anda dapat membuat sebuah grafis, tabel, laporan dari kuisioner, data dari eksperimen, data hasil  dari observasi dan beberapa bentuk data lainnya. Sembari melakukannya jangan lupa untuk membuat kesimpulan dari hasil yang telah anda dapatkan.

3.2 Menyelesaikan Makalah

Jangan lupa untuk mendokumentasikan proses pengerjaan makalah. Selain sebagai data pribadi anda, dokumentasi dari proses pengerjaan merupakan salah satu bukti bahwa anda telah melalui proses yang nantinya akan anda pertanggung jawabkan di depan majelis penguji.

Dokumentasi proses penelitian dapat anda sisipkan pada bagian akhir dari makalah yaitu pada bagian lampiran.

3.3 Siapkan Bahan Presentasi

Selain makalah yang telah tersusun berdasarkan format diatas, sebaiknya anda juga menyajikan karya tersebut dalam bentuk power point, sehingga ketika tiba saatnya anda harus melakukan presentasi, anda telah siap.


Panduan cara membuat makalah diatas merupakan contoh yang bersifat umum dari pengerjaan karya tulis. Namun, ada beberapa instansi yang menyediakan panduan standar bagi seseorang yang ingin menulis karya tulis yang wajib untuk diterapkan bagi calon penulis makalah. Tips sukses dalam pembuatan karya tulis selanjutnya akan dibahas pada bagian terpisah dari artikel ini.  


Jika ada pertanyaan terkait dengan cara membuat makalah diatas, silahkan meninggalkan komentar anda di bawah kolom komentar. Terima kasih

Share this: