Contoh Surat Kontrak Kerja


Berikut merupakan contoh surat kontrak kerja dalam bidang pekerjaan konstruksi. Contoh format kontrak dibawah juga dapat digunakan untuk pekerjaan lain, anda tinggal melakukan penyesuaian pada poin pasal serta jenis pekerjaan.

Dalam contoh dibawah ini menjabarkan kontrak dengan jenis pekerjaan renovasi rumah makan (restoran). Anda dapat merubah data pada contoh dibawah dengan menyesuaikan dengan data yang anda miliki. Jika masih memiliki pertanyaan silahkan bertanya dengan meninggalkan komentar dibawah artikel. Semoga bermanfaat.

kontrak pelaksanaan kerja, administrasi konstruksi, kontrak perjanjian


                                                  KONTRAK                                                 
PELAKSANAAN PEKERJAAN RENOVASI RUMAH MAKAN
antara
CV. KARYA KONSTRUKSI
dengan
Bpk. RUDI BASTIAN W.

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Nomor : 019/III/2013
Tanggal : 22 Maret 2013



Pada hari ini Jum’at , tanggal 22 Maret 2013 kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Budi Harjono, ST
Alamat             : Jl. Simpang Dirgantara II A3/A7 RT/RW: 001/010 Malang
Telepon            : 081 630 199 752
Jabatan             : Direktur CV. Karya Konstruksi

Dalam hal ini bertindak atas nama CV. Karya Konstruksi dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama               : Rudi Bastian W.
Alamat             : Jl. Cakrawala 1 Blok AH/19 Kompleks Wiyata Mandala Jakarta
Telepon           : 021-8985764
Jabatan            : Wiraswasta

Dalam hal ini bertindak atas nama Pemilik atau Kuasa Pemilik dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Kedua belah pihak telah sepakat untuk mengadakan ikatan Kontrak Pelaksanaan Pekerjaan Renovasi Rumah Makan yang dimiliki oleh Pihak Kedua yang terletak di Jln. Golf No. 69 Malang

Pihak Pertama bersedia untuk melaksanakan pekerjaan renovasi, yang pembiayaannya ditanggung oleh Pihak Kedua, dengan ketentuan yang disebutkan dalam pasal pasal sebagai berikut :


Pasal 1
Tujuan Kontrak

Tujuan kontrak ini adalah bahwa Pihak Pertama melaksanakan dan, menyelesaikan pekerjaan Pembangunan Rumah Makan yang berlokasi tersebut diatas.


Pasal 2
Bentuk Pekerjaan

Bentuk pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh Pihak Pertama adalah sebagai berikut :
1. Pekerjaan Perencanaan ( gambar kerja, spesifikasi material dan bahan, serta time schedule proyek ). Terlampir Time schedule Perencanaan no.19/lll/2013, tertanggal 22 Maret 2013

2. Pekerjaan Renovasi ( pelaksanaan konstruksi bangunan, sesuai dengan spesifikasi material dan bahan yang akan dilampirkan oleh pihak pertama pada saat Pekerjaan Perencanaan selesai, dan telah disetujui oleh pihak kedua )


Pasal 3
Sistem Pekerjaan

Sistem pekerjaan yang disepakati oleh kedua belah pihak adalah sebagai berikut :
1. Pihak kedua menggunakan sistem penunjukan langsung dengan memberikan anggaran biaya ( budget ). Pihak Kedua memberikan anggaran biaya kepada Pihak Pertama sebesar Rp. 80.000.000,- (Delapan Puluh Juta Rupiah ).
2. Anggaran Biaya sebesar Rp. 80.000.000,-( Delapan Juta Rupiah ) termasuk rincian :
    a. Pekerjaan Perencanaan
    b. Pekerjaan Bangunan
Dan tidak termasuk :
a.   Pajak – pajak yang di timbulkan atas pelaksanaan pembangunan termasuk : Pajak kontraktor, pajak pribadi, pajak membangun sendiri dan lain-lain.
b.      IMB ( Ijin mendirikan bangunan ) mulai dari tingkat klian banjar, lurah / kepala desa, camat dan pihak perijinan.
3. Pihak pertama berhak menentukan luasan ruang bangunan, spesifikasi bahan dan material bangunan, dan bentuk bangunan yang akan disesuaikan dengan anggaran biaya ( budget ) yang di berikan oleh pihak kedua.


Pasal 4
Biaya

Adapun biaya renovasi rumah tinggal tersebut adalah Rp. 80.000.000,- ( Delapan Puluh Juta Rupiah ).


Pasal 5
Sistem Pembayaran

Pembayaran atas pekerjaan pembangunan tersebut diatas dilakukan dalam beberapa tahap yaitu :

Tanda Jadi: Tanda jadi sebesar Rp. 24.000.000,- (Dua Puluh Empat Juta Rupiah) yang harus dibayarkan pada saat pekerjaan Renovasi ( Pasal 2 ayat 1 ) mulai dikerjakan, yaitu pada tanggal ……………………
Uang Muka (Down payment) pembayaran 30 % x Rp 2.100.000.000 = Rp. 630.000.000 (enam ratus tiga puluh juta rupiah) yang harus dibayarkan pada saat pekerjaan bangunan ( Pasal 2 ayat 2 ) mulai dikerjakan, yaitu pada tanggal ………..

Tahap I  pembayaran 25 % x Rp 2.100.000.000 = Rp. 525.000.000 (lima ratus dua puluh lima juta rupiah) setelah pekerjaan dinding dimulai, yang harus dibayarkan pada tanggal ………..

Tahap II pembayaran 20 % x Rp 2.100.000.000 = Rp. 420.000.000 (empat ratus dua puluh juta rupiah) setelah pekerjaan atap dimulai, yang harus dibayarkan pada tanggal ………..

Tahap III pembayaran 20 % x Rp 2.100.000.000 = Rp. 420.000.000 (empat ratus dua puluh juta rupiah) setelah pekerjaan lantai dimulai, yang harus dibayarkan pada tanggal ………..

Pelunasan pembayaran 5% x Rp 2.100.000.000 = Rp. 105.000.000 dikurangi tanda jadi Rp. 10.000.000 menjadi Rp. 95.000.000 (sembilan puluh lima juta rupiah) setelah pekerjaan selesai.

yang harus dibayarkan pada tanggal ………..


Pembayaran tersebut harus dilakukan melalui transfer ke rekening :
Penerima       : CV. Karya Konstruksi
Bank              : ..........
No rekening   : ..........


Pasal 6
Jangka Waktu Pengerjaan

Jangka waktu pengerjaan adalah ……………… bulan, terhitung setelah kontrak ini ditandatangani oleh kedua belah pihak dan pembayaran tahap pertama diterima oleh Pihak Pertama pada tanggal ……………………………………………………….


Pasal 7
Perubahan

Apabila pada waktu pengerjaan pelaksanaan konstruksi terdapat perubahan perubahan terhadap luasan, posisi dan bentuk serta penambahan material bangunan, diluar dari perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah Pihak, maka Pihak Kedua wajib membayar setiap perubahan pembongkaran dan pemasangan kembali yakni sebesar Rp. 100.000/M2. ( seratus ribu rupiah permeter persegi )


Pasal 8
Masa Pemeliharaan

Masa pemeliharaan berlaku selama 3 bulan, setelah selesai pekerjaan/serah terima hasil pekerjaan yang diikuti dengan penandatanganan berita acara penyerahan bangunan.

Apabila dalam masa pemeliharaan tersebut terdapat kerusakan yang disebabkan bukan dari pekerjaan Pihak Pertama, maka Pihak Kedua tidak berhak menuntut Pihak Pertama untuk mengerjakannya.

Namun, Pihak Pertama dapat memperbaiki kerusakan tersebut sesuai dengan formulir perubahan dengan biaya yang ditanggung oleh Pihak Kedua sebesar Rp. 100.000/M2 ( termasuk biaya upah tukang & material ).


Pasal 9
Lain – Lain

Pihak Pertama dan Pihak Kedua akan bersama- sama mematuhi dengan baik dan bertanggung jawab terhadap seluruh kesepakatan kerja yang telah disetujui.


Demikian Kontrak Kerja ini telah di setujui dan di tanda tangani untuk dilaksanakan dengan sebagai mana mestinya tanpa adanya campur tangan dari pihak lain.




Pihak Pertama                                                                         Pihak Kedua





(Budi Harjono, ST)                                                              (Rudi Bastian W.)

Share this: