Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi


Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi – Mungkin salah satu hal yang tersulit dalam sebuah pekerjaan adalah membuat surat permohonan pengunduran diri. Terlebih ketika anda telah menghabiskan banyak waktu dalam perusahaan dan memiliki banyak teman di dalamnya. Terlepas apapun alasan pengunduran diri anda, sebagai salah satu “calon” mantan pekerja sudah sewajarnya kita berpamitan dan mengajukan permohonan pengunduran diri, hal ini setidaknya untuk menunjukkan bahwa kita masih menghargai perusahaan dimana kita pernah bernaung.

Tujuan & kapan sebaiknya membuat surat pengunduran diri?

Bagi pihak perusahaan, mengharuskan karyawan mereka untuk membuat permohonan pengunduran diri selain sebagai tanda bahwa ada prinsip saling menghargai antara perusahaan dengan karyawan, adalah agar perusahaan memiliki catatan administrasi kepegawaian yang tertata.

Selain itu, hal tersebut juga berkaitan dengan administrasi program asuransi kerja serta pensiun yang mungkin telah perusahaan janjikan sebelumnya.

Terkait dengan kapan sebaiknya membuat surat pengunduran diri. Ada baiknya anda membuat surat tersebut setidaknya 14 hari sebelum anda resmi mengajukan diri untuk keluar dari perusahaan. Mengapa? dengan adanya jangka waktu tersebut, anda telah membantu memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mencari pengganti pada posisi yang telah anda tinggalkan. Disamping itu, jangka waktu tersebut akan memberikan waktu bagi anda untuk membereskan pekerjaan yang tersisa dan atau membantu pengganti anda (jika memang telah ada) untuk beradaptasi dengan pekerjaan baru-nya.

Namun, jika memang anda menginginkan untuk berpamitan dari perusahaan lebih cepat, sebaiknya anda berkonsultasi dengan pimpinan perusahaan atau unit kerja anda.

cara membuat dan format contoh surat pengunduran diri resmi, resign

Versi format resmi dan sederhana 

Ada banyak versi contoh surat pengunduran diri kerja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu contoh surat resign resmi dengan versi yang sederhana namun tetap tidak meninggalkan kesan formal.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bandung, 31 Mei 2013

Kepada Yth,
Bpk. Roy Perdana Simatupang
Kepala Cabang PT. Maju Karya Sentosa
Cabang Bandung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Hadi Pranata Utomo bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Karya Sentosa sebagai Sales Officer terhitung sejak tanggal 15 Juni 2013.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Karya Sentosa, saya juga mengajukan permohonan maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Maju Karya Sentosa apabila terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, PT. Maju Karya Sentosa dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.


Hormat Saya,


Hadi Pranata Utomo
-------------------------------------------------------------------------------------------------

Catatan:

1. Silahkan merubah subyek (nama anda) serta obyek (atasan anda) dari surat tersebut dengan kondisi yang sedang anda miliki.
2. Pada contoh format surat diatas jangka waktu dari disampaikannya surat hingga hari resmi anda keluar dari perusahaan adalah 14 hari. Anda juga dapat menyesuaikannya dengan kondisi yang anda hadapi.

Semoga bermanfaat..


Share this: