Kurikulum 2013 Dalam Tanya Jawab


Berikut ini kurikulum 2013 dalam metode tanya jawab. Tujuan dari pembahasan dalam kesempatan kali ini adalah untuk mendiskusikan rasional dan elemen perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD, strategi implementasi Kurikulum 2013 serta pendekatan, model pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013.

Tanya Jawab dan Analisa 

kurikulum 2013 tanya jawab, analisa, perbandingan, SD, SMP, SMA, TK

Secara ringkas berikut ini pertanyaan dan jawaban mengenai kurikulum 2013.
1. Pertanyaan:
Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
Jawaban:
1. Tantangan Internal
a. Pemenuhan 8 standart nasional pendidikan.
b. SDM usia produktif yang melimpah apabila memiliki kompetensi dan keterampilan akan menjadi modal pembangunan yang luar biasa besarnya. Namun, apabila tidak memiliki kompetensi dan keterampilan tentunya akan menjadi beban pembangunan.
2. Tantangan Eksternal
a. Tantangan masa depan antara lain globalisasi, kemajuan teknologi informasi.
b. Kompetensi masa depan antara lain kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan menjadi warga negara yang bertanggungjawab, kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, dan memiliki kesiapan untuk bekerja.
c. Persepsi masyarakat antara lain terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban peserta didik terlalu berat, kurang bermuatan karakter.
d. Perkembangan pengetahuan dan pedagogi
e. Fenomena negatif pada pelajar dan masyarakat

2. Pertanyaan:
Apa saja elemen perubahan dalamKurikulum 2013
Jawaban:
Perubahan kurikulum 2013 berwujud pada:
a. Perubahan pada Kompetensi Lulusan
b. Perubahan pada materi
c. Perubahan pada proses pembelajaran
d. Perubahan pada penilaian

3. Pertanyaan:
Bagaimana strategi implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran?
Jawaban:
1.         Penggunaan pendekatan scientifik
2.         Penggunaan pembelajaran aktif
3.         Pelaksanaan kurikulum di seluruh sekolah dan jenjang
4.         PelatihanPendidikdanTenagaKependidikan
5.         Pengembangan buku ajar
6.         Penataan administrasi
7.         Pendampingan dalam bentuk monitoring dan evaluasi.

4. Pertanyaan:
Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013
Jawaban:
Kurikulum 2006 menekankan pada penilaian Afektif, Kognitif, Psikomotorik
Kurikulum 2013 merekonstruksi  kompetensi mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
a. Kompetensi sikap mencakup sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2).
• Sikap spiritual (KI-1) untuk mencapai insan yang beriman dan bertaqwa kepada 
  Tuhan Yang Maha Esa.
• Sikap sosial (KI-2) untuk mencapai insan yang beriman dan bertaqwa kepada 
  Tuhan Yang Maha Esa.
• Sikap sosial (KI-2) untuk mencapai insan yang berakhlak mulia, sehat, mandiri, 
   demokratis, bertanggung jawab.
b. Kompetensi pengetahuan (KI-3) untuk mencapai insan yang berilmu.
c. Kompetensi keterampilan (KI-4) untuk mencaai insan yang cakap dan kreatif

5. Pertanyaan:
Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajarandalam Kurikulum 2013
Jawaban:
Pendekatan yang digunakan pada kurikulum 2013 yaitu pendekatan ilmiah (scientific appoach), pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.
Model pembelajaran dalam kurikulum 2013 yaitu:
1.         Discovery Learning
2.         Problem Based Learning
3.         Project Based Learning

6. Pertanyaan:
Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Jawaban:
Penilaian pada kurikulum 2013 mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dilakukan secara seimbang.
Penilaian sikap melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, jurnal.
Penilaian kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penguasaan.
Penilaian kompetensi ketrampilan meliputi penilaian kinerja dengan menggunakan tes praktik, proyek, portofolio.

Share this: