Contoh Surat Permohonan Penutupan Perusahaan



                Contoh surat permohonan penutupan perusahaan format ilustrasi surat ini saya ambil dari contoh surat yang sama yang diajukan oleh teman saya beberapa waktu yang lalu yang saat ini memiliki usaha yang telah resmi ditutup. Pada kasus temen saya ini, jika ijin usaha masih aktif walaupun usaha sudah tidak lagi beroperasi, yang bersangkutan masih dibebani pajak oleh petugas dari kantor pajak. Setelah melakukan pengurusan dan memperoleh penjelasan dari kantor pajak yang bersangkutan yang bersangkutan disarankan untuk membuat surat permohonan penutupan perusahaan yang diajukan kepada Dinas Perijinan.
Selain itu, surat permohonan penutupan perusahaan ini juga dapat digunakan ketika seseorang akan melakukan relokasi dengan maksud menutup tempat usaha yang lama sebelum beralih ke tempat usaha yang baru. Tanpa berbasa-basi lagi berikut ini contoh surat permohonan penutupan perusahaan yang bisa anda jadikan contoh.

Contoh Surat Permohonan Penutupan Perusahaan

               
Surabaya, 22 Agustus 2016

Lampiran             : 3 Lembar (SIUP, TDP, HO)
Perihal                  : Permohonan Penutupan Usaha

Kepada:
Yth. Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu
Kota Surabaya
Di Tempat

Dengan Hormat,
                Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                    : Agustiawan Susatyo Budi
Alamat                  : Jl. Kahuripan 34 RT/RW: 005/ 003 Mulyosari Utara Kota Surabaya
Nomer NPWP    : 34509387689391
No. KTP                                : 3568798237849
Merupakan pemilik dari usaha:
Nama Badan Usaha         : UD Jaya Makmur Sentausa
No. SIUP                              : 518/ 08/ 35.78.407/ 2015
No. TDP                                                : 130909095893
No. Izin Gangguan/ HO  : 530.07/ 201/ 67.78.790/ 2015
Jenis Usaha                        : Perdagangan Sembako

                Dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan penutupan usaha dengan alasan usaha ini telah berhenti beroperasi sejak tanggal 30 Maret 2016. Demikian surat permohonan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih banyak.

Hormat kami,


(Agustiawan Susatyo Budi)
UD Jaya Makmur Sentausa


                Dalam kasus teman saya tersebut, penerbitan surat keterangan penutupan usaha membutuhkan waktu sekitar satu minggu dan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Namun, dengan catatan semua berkas lampiran telah dilengkapi sebelum diajukan. Sebagai tambahan semua berkas lampiran yang diajukan (surat ijin; SIUP, TDP dan HO) merupakan berkas yang asli yang nantinya akan ditarik dan tidak dapat dipergunakan lagi setelah surat keterangan penutupan telah diterbitkan oleh Dinas Perijinan. Semoga bermanfaat!!

Share this: