Pengertian Apa Itu Parafrase & Contoh Parafrase


Pengertian Apa Itu Parafrase dan Contoh Parafrase - Menurut Merriem Webster Dictionary paraphrase atau parafrasa atau parafrase adalah sebuah pernyataan yang telah ditulih atau dikeluarkan pihak lain yang kita tulis dengan cara yang berbeda atau dengan kata lain parafrase adalah menggunakan kalimat/ kata sendiri untuk mengekspresikan ide/ pernyataan yang telah dinyatakan oleh orang lain namun kalimat atau kata tersebut masih berisi makna yang sama/ gagasan utama dari sumber aslinya (ide utama dari pernyataan yang telah dikemukakan oleh orang lain sebelumnya).

Pengertian Apa Itu Parafrase & Contoh Parafrase, Parafrase adalah


Contoh Parafrase

Sebagai contoh parafrase adalah ketika kita pernah diperintah oleh guru kita untuk menyampaikan pesan ke teman, umumnya jarang kita sampaikan pesan persis 100% dari apa yang disampaikan oleh guru, maka secara sederhana kita telah melakukan parafrase.
Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah kedua kalimat berikut:

  • Perintah seorang guru kepada Budi 
Pak Guru: Budi, sampaikan ke Andi untuk pergi perpustakaan mengambil buku!

  • Budi berbicara ke Andi
Budi: Andi kamu disuruh oleh pak guru untuk mengambil buku di perpustakaan!

Kedua contoh kalimat diatas memiliki perbedaan penyampaian namun tetap memiliki makna yang sama. Apa yang disampaikan oleh Budi ke Andi merupakan parafrase dari perintah yang disampaikan oleh pak guru, kalimat perintahnya berbeda dengan aslinya namun tetap memiliki makna yang sama yakni Andi diperintahkan untuk mengambil buku ke perpustakaan oleh pak guru.

Fungsi Parafrase

Sebenarnya parafrasa telah seringkali kita lakukan sehari-hari, seperti contoh parafrase yang telah disebutkan sebelumnya diatas. Selain itu parafrase umumnya juga digunakan dalam sebuah karya tulis ilmiah oleh peneliti, penulis buku/ novel, wartawan, editor dan beberapa profesi lain dalam pekerjaan mereka.

Fungsi parafrase dalam sebuah karya tulis adalah untuk menghindari plagiasi dan untuk menghindari terjadinya pelanggaran hak cipta. Namun, demikian dalam praktiknya akan lebih baik jika anda tetap meminta izin (terutama jika digunakan untuk komersial yang dapat mendatangkan keuntungan) atau setidaknya anda dapat mencantumkan sumber tulisan/ kutipan asli. Hal ini karena tidak semua pihak berkenan untuk dikutip pernyataan/ temuan mereka. Semoga bermanfaat..

Share this: